RPP MATEMATIKA K13 BENTUK ALJABAR
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP Negeri …………………..
Mata pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu
: 20 jam
pembelajaran (8 x pertemuan)
Materi Pokok : Bentuk Aljabar
A. Kompetensi
Inti (KI)
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengelola,
dan menyaji dalam ranah konkrit (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
3.5 Menjelaskan bentuk aljabar dan melakukan
bentuk operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan
pembagian).
4.5 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan bentuk aljabar dan operasi pada bentuk aljabar
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi*)
3.5.1
Menyatakan bentuk
aljabar dari masalah kontekstual
3.5.2
Menentukan variabel, koefisien, konstanta, suku,
dan suku sejenis dari suatu bentuk aljabar
3.5.3
Menentukan hasil penjumlahan bentuk
aljabar yang disajikan dalam bentuk tabel
3.5.4
Menentukan hasil pengurangan bentuk
aljabar yang disajikan dalam bentuk tabel
3.5.5
Menentukan hasil perkalian bentuk
aljabar yang disajikan dalam bentuk tabel
3.5.6
Menentukan hasil pembagian bentuk
aljabar yang disajikan dalam bentuk tabel
1.5.1
Mengubah soal cerita ke dalam bentuk
aljabar
1.5.2
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan bentuk aljabar dan operasi penjumlahan pada bentuk aljabar
1.5.3
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan bentuk aljabar dan operasi pengurangan pada bentuk aljabar
1.5.4
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan bentuk aljabar dan operasi perkalian pada bentuk aljabar
1.5.5
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan bentuk aljabar dan operasi pembagian pada bentuk aljabar
A. Materi Pembelajaran
1.
Materi
Pembelajaran Reguler
·
Pengenalan bentuk aljabar
·
Pengertian variabel, koefisien,
konstanta, suku, dan suku sejenis
·
Penjumlahan bentuk aljabar
·
Pengurangan bentuk aljabar
·
Perkalian bentuk aljabar
·
Pembagian bentuk aljabar
2.
Materi
Pembelajaran Pengayaan
·
Menyederhanakan pecahan bentuk aljabar
3.
Materi
Pembelajaran Remedial
·
Pengurangan bentuk aljabar
·
Pembagian bentuk aljabar
E. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran melalui model
problem based learning peserta didik mampu :
a. Menyatakan
bentuk aljabar dari masalah kontekstual
b.
Menentukan
variabel, koefisien, konstanta, suku, dan suku sejenis dari suatu bentuk aljabar
F. Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: (3 JP)
Kegiatan Pembelajaran
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
|
||
Pendahuluan
|
·
Memberi salam, sapaan, dan mengajak peserta didik
untuk berdo’a
·
Memeriksa kehadiran peserta didik
·
Menjelaskan topik yang akan dipelajari
·
Menjelaskan penting dan manpaatnya mempelajari
topik bentuk aljabar
·
Mengajukan pertanyaan :
1.
Pernahkah kalian membawa barang-yang banyak
macamnya?
2.
Kapan itu dilakukan?
·
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
10 menit
|
Inti
|
Tahap 1 Orientasi
·
Guru membagi peserta didik menjadi beberapa
kelompok yang terdiri dari 4 peserta
didik
·
Menjelaskan pokok-pokok kegiatan yang harus
dilakukan oleh peserta didik untuk mencapai tujuan
|
55 menit
|
Tahap 2 Merumuskan Masalah
·
Guru memberikan lembar kerja yang berisi masalah nyata yang berkaitan dengan bentuk
aljabar (Mengamati)
·
Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik
untuk merumuskan dan memahami masalah nyata yang berkaitan dengan bentuk
aljabar
|
||
Tahap 3 Merumuskan Hipotesis
· Guru
membimbing peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berhipotesis dengan
menyampaikan pertanyaan : Tahukah kamu barang apa yang terdapat di dalam tas
seluruh anggota kelompokmu? Dan berapa jumlah masing-masing barang tersebut?
· Guru mendorong
peserta didik untuk memperkirakan kemungkinan seluruh barang apa saja yang
ada di tas anggota kelompoknya (Menanya)
|
||
Tahap
4 Mengumpulkan Data
·
Guru
membimbing peserta didik dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
terdapat pada lembar kerja (Mengumpulkan
informasi)
|
||
Tahap 5 Menguji Hipotesis
·
Mengisi tabel bentuk aljabar sesuai dengan
barang-barang dan jumlahnya yang terdapat dalam tas seluruh anggota kelompok
(Mengasosiasi)
|
||
Tahap 6 Merumuskan Kesimpulan
· Guru
membimbing peserta didik untuk mengaitkan bentuk aljabar dalam tabel dengan
pengertian variabel, koefisien, konstanta,
suku dan suku sejenis.(Mengasosiasi)
|
||
Penutup
|
·
Guru
bersama peserta didik membuat butir-butir kesimpulan mengenai pengertian
variabel, koefisien, konstanta, suku, dan suku sejenis (Mengomunikasikan)
·
Guru
dan peserta didik melakukan refleksi
·
Guru
memberikan penugasan terstruktur
·
Guru
memberitahukan kegiatan pembelajaran minggu berikutnya
|
15 menit
|
2. Pertemuan
Kedua: (2 JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan
b.
Kegiatan Inti **)
·
Mengamati
·
Menanya
·
Mengumpulkan
informasi/mencoba
·
Menalar
·
Mengomunikasikan
c. Kegiatan Penutup
3. Pertemuan
Ketiga:
(3 JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan
b.
Kegiatan Inti **)
·
Mengamati
·
Menanya
·
Mengumpulkan
informasi/mencoba
·
Menalar
·
Mengomunikasikan
c. Kegiatan Penutup
4. Pertemuan Keempat: (2 JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan
b.
Kegiatan Inti **)
·
Mengamati
·
Menanya
·
Mengumpulkan
informasi/mencoba
·
Menalar
·
Mengomunikasikan
c. Kegiatan Penutup
5. Pertemuan
Kelima:
(3 JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan
b.
Kegiatan Inti **)
·
Mengamati
·
Menanya
·
Mengumpulkan
informasi/mencoba
·
Menalar
·
Mengomunikasikan
c. Kegiatan Penutup
6. Pertemuan
Keenam:
(2 JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan
b.
Kegiatan Inti **)
·
Mengamati
·
Menanya
·
Mengumpulkan
informasi/mencoba
·
Menalar
·
Mengomunikasikan
c. Kegiatan Penutup
7. Pertemuan
Ketujuh:
(3 JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Inti **)
·
Mengamati
·
Menanya
·
Mengumpulkan
informasi/mencoba
·
Menalar
·
Mengomunikasikan
c. Kegiatan Penutup
8. Pertemuan
Kedelapan:
(2 JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan
b.
Kegiatan Inti **)
·
Mengamati
·
Menanya
·
Mengumpulkan
informasi/mencoba
·
Menalar
·
Mengomunikasikan
c. Kegiatan Penutup
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik penilaian
a. Sikap
· Spiritual:
observasi dan jurnal
· Sosial:
observasi
b. Pengetahuan:
tes tertulis
c. Keterampilan:
proyek
2. Instrumen penilaian
a. Pertemuan Pertama
·
Sikap: lembar observasi dan jurnal (terlampir)
·
Pengetahuan: tes tertulis (terlampir)
Kisi-kisi
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi/
Sub Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Jumlah Soal
|
1
|
3.6
Menjelaskan
bentuk aljabar dan melakukan bentuk operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian).
|
Bentuk Aljabar
|
·
Menyatakan
bentuk aljabar dari masalah kontekstual berupa soal cerita
·
Menentukan pengertian variabel, koefisien, konstanta, suku,
dan suku sejenis
|
Uraian
Uraian
|
2
1
|
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan seterusnya
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian berdasarkan hasil analisis
penilaian harian yang dilakukan secara individual maupun klasikal.
b. Pembelajaran
Pengayaan
Pembelajaran pengayaan dilakukan dengan mempelajari materi
menyederhanakan pecahan bentuk aljabar.
G. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat
·
Lembar Kerja (terlampir)
·
Gunting
·
Tas siswa beserta isinya
3. Bahan
·
Kertas Plano
3. Sumber Belajar
As’ari, A.R. dkk.(2016). Buku Siswa Matematika VII Semester 1. Jakarta:Puskurbuk Balitbang Kemdikbud.
As’ari, A.R. dkk.(2016). Buku Siswa Matematika VII Semester 1. Jakarta:Puskurbuk Balitbang Kemdikbud.
Mengetahui Pontianak,............................
Kepala SMP
.......................... Guru Mata Pelajaran,
............................................... ............................................
Lampiran 1
PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN
SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
Petunjuk
:
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor
sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria
sebagai berikut :
skor 4, apabila siswa
selalu melakukan perilaku yang dinyatakan
skor 3, apabila
siswa sering melakukan perilaku yang
dinyatakan
skor 2, apabila
siswa kadang-kadang melakukan
perilaku yang dinyatakan
skor 1, apabila
siswa jarang melakukan perilaku yang
dinyatakan.
Peserta Didik : ……………………………
Kelas/Semester : ……………………………
Hari/Tanggal Pengisian : ……………………………
Tahun Pelajaran :
……………………………
Butir Sikap : Ketaqwaan
No
|
Pernyataan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum melakukan aktivitas
|
|
|
|
|
2
|
Tidak mengganggu temannya yang bergama lain berdoa
sesuai agamanya
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
Jurnal
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Hari/ Tanggal
|
Kejadian
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
Nama
Lampiran 2
- Suatu
ketika Pak Veri membeli dua karung beras untuk keperluan hajatan di
rumahnya. Setelah dibawa pulang, istri Pak Veri merasa beras yang dibeli
kurang. Kemudian Pak Veri membeli lagi sebanyak 5 kg. Nyatakan bentuk
aljabar dari beras yang dibeli Pak Veri
2.
Tentukanlah variabel,
koefisien, konstanta, dan suku dari bentuk aljabar :
2s2 +3a + 4a3 + 5t4 – 7!
Pedoman Penskoran Soal
(Tertulis)
Nomor
Soal
|
Penyelesaian/Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
2 karung + 5 kg
|
1
|
2x
+ 5
|
1
|
|
Skor
maksimum
|
|
|
2
|
Variabel : s2, a, a3, dan t4
|
1
|
Koefisien
: 2, 3, 4, dan 5
|
1
|
|
Konstanta
-7
|
1
|
|
Suku
:2s2, 3a, 4a3, 5t4, – 7
|
1
|
|
Skor
maksimum
|
4
|
LEMBAR
KERJA SISWA
LK
No. 3.5.1
Materi : Pengenalan Bentuk Aljabar
Tujuan :
1. Menyatakan bentuk aljabar dari
masalah kontekstual,
2. Menentukan
koefisien, variabel, konstanta suku, dan suku-suku sejenis dari pernyataan
bentuk aljabar
Masalah:
Seorang ketua kelompok belajar
ingin mengetahui benda- benda yang ada di dalam tas masing-masing
anggotanya. Ia juga ingin mengetahui banyaknya dan macam-macam bendanya, setelah itu Ia juga
ingin mengetahui banyak dan macam-macam benda dari semua anggota kelompoknya. Dengan
mengeluarkan isi tas dari masing-masing anggota kelompoknya, bantulah ketua kelompok itu untuk
menyelesaikan masalah tersebut.
Cobalah hasilnya dikaitkan dengan
istilah-istilah dari materi bentuk aljabar yaitu: variabel, koefisien,
konstanta, suku dan suku-suku
sejenis. (baca buku siswa hal 201-202).
Hasil diskusi kelompok :
Tabel 1
Bentuk Aljabar
No
|
Nama Anggota
Kelompok
|
Benda-Benda
yang Dibawa
|
Jumlah Seluruh
Benda yang Dibawa
|
Bentuk Aljabar
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Petunjuk: Isilah
bentuk aljabar pada tabel 2 dengan menyalin bentuk aljabar pada tabel 1
Tabel 2 Jenis
Bentuk Aljabar
No
|
Bentuk Aljabar
|
Variabel
|
Koefisien
|
Konstanta
|
Suku
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Selamat Bekerja!
Komentar
Posting Komentar