RPP MATEMATIKA K13 BILANGAN BULAT DAN PECAHAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                   : SMP Negeri ………………………….
Mata Pelajaran                        : Matematika
Kelas/Semester                        : VII/Satu
Alokasi Waktu                        : 5 Pertemuan (13 JP)
Materi Pokok                                      : Bilangan Bulat dan Pecahan

A.    Kompetensi Inti
1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  1. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.  Kompetensi Dasar
3.1
Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan bulat(positif dan negative)dan pecahan(biasa,campuran,decimal,persen).
4.1
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan dan pecahan(biasa,campuran,decimal,persen).
C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1.  Memberikan contoh  dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan bilangan bulat
3.1.2.  Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
3.1.3.  Membandingkan bilangan bulat
3.1.4.  Menjelaskan nilai tempat untuk membandingkan bilangan bulat
3.1.5.  Mengurutkan bilangan bulat
3.1.6.  Memberikan contoh bilangan pecahan dalam kehidupan sehari-hari
3.1.7.  Menentukan letak bilangan pecahan pada garis bilangan
3.1.8.  Membandingkan berbagai jenis bilangan pecahan.
3.1.9.  Mengurutkan berbagai jenis bilangan pecahan

Indikator KD dari KI3


3.2.1.      Menentukan hasil operasi penjumlahan bilangan bulat
3.2.2. Menentukan hasil operasi pengurangan bilangan bulat 
3.2.3.  Menentukan hasil operasi perkalian bilangan bulat
3.2.4. Menentukan hasil operasi pembagian bilangan bulat
3.2.5. Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung melibatkan bilangan bulat
3.2.6. Menentukan hasil operasi penjumlahan bilangan pecahan 
3.2.7. Menentukan hasil operasi pengurangan bilangan pecahan  
3.2.8.  Menentukan hasil operasi perkalian bilangan pecahan
3.2.9. Menentukan hasil operasi pembagian bilangan pecahan
3.3.1.      Menentukan faktor dan kelipatan bilangan bulat
3.3.2.      Menyatakan suatu bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif
3.3.3.      Menyatakan suatu bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat negatif
Indikator KD dari KI 4
4.1.1.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat
4.1.2.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan  pecahan (biasa, campuran, decimal, persen)
4.2.1.      menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat 
4.2.2.      menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan pecahan
4.3.1.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif
4.3.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat negatif
D.    Materi Pembelajaran
1.     Materi Pembelajaran Reguler
§  Membandingkan Bilangan Bulat
§  Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat
§  Operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat
§  Membandingkan Bilangan Pecahan
§  Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan
§  Operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan
2.      Materi Pembelajaran Pengayaan
-          Penggunaan Bilangan Bulat dalam kehidupan sehari-hari
3.      Materi Pembelajaran Remedial
Materi yang diperkirakan sulit dikuasai sebagian peserta didik adalah
-          Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat yang berbeda tanda
-          Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan pecahan  yang berbeda tanda

E.     Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran melalui model problem based learning peserta didik mampu :
a.         Memberikan contoh  dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan bilangan bulat
b.         Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
c.         Membandingkan bilangan bulat
d.        Menjelaskan nilai tempat untuk membandingkan bilangan bulat
e.         Mengurutkan bilangan bulat
Kegiatan Pembelajaran
1.        Pertemuan Pertama (3 JP)
a.    Kegiatan Pendahuluan(10’)
1)   Guru memandu peserta didik berdoa, memeriksa kehadiran peserta didik, dan menyiapkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, misalnya memeriksa kelengkapan buku siswa dan alat tulis.
2)   Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari peserta didik sebelumnya, yaitu lambang bilangan, dengan mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan terkait materi tersebut dan menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawabnya.
3)   Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu menjelaskan dan menentukan urutan bilangan bulat
4)   Guru memotivasi peserta didik dengan menunjukkan kebermanfaatan materi
5)   Guru menginformasikan cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan peserta didik, yaitu melakukan kegiatan secara berkelompok dan menyelesaikan soal-soal latihan di buku siswa.
6)   Guru menginformasikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu penilaian sikap melalui observasi.Guru menekankan bahwa sikap-sikap yang dikembangkan dan dinilai, terutama adalah tanggung jawab dan kerjasama. Sementara untuk mengukur kompetensi pengetahuan digunakan tes tertulis dan keterampilan digunakan penilaian kinerja.
7)   Guru membentuk kelompok diskusi dengan setiap kelompok beranggotakan 4 – 5 orang.
b.        Kegiatan Inti(95’)
§  Pemberian Rangsangan
Guru menyajikan tayangan gambar zona waktu GMT, untuk mengamati keadaan waktu di berbagai Negara. (mengamati)
§  Identifikasi masalah
Dari gambar tersebut siswa mengidentifikasi nilai tempat suatu angka pada garis bilangan
§  Mengumpulkan data
- Siswa diberikan LKS tentang menentukan waktu di suatu tempat ( LKS terlampir)
- Siswa mengerjakan LKS (mengumpulkan informasi)
§  Pengolahan data
Siswa mengurutkan bilangan berdasarkan hasil LKS
§  Pembuktian
Siswa menyajikan angka pada garis bilangan
§  Menarik kesimpulan
Siswa dapat membandingkan bilangan bulat
c.    Penutup
1)        Guru memfasilitasi peserta didik membuat simpulan mengenai urutan bilangan bulat
2)        Guru memfasilitasi peserta didik untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran serta mengidentifikasi materi yang sudah maupun belum dipahami peserta didik.
3)        Guru memberikan tugas atau pekerjaan rumah (PR), yaitu Latihan 1.1 no. 1 – 5 hal 10 pada buku siswa
4)        Guru menginformasikan kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya, yaitu bilangan pecahan
F.     Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
1.         Teknik Penilaian
a.    Sikap
§  Spiritual: observasi
§  Sosial: observasi
b.    Pengetahuan: tes tertulis
c.    Keterampilan: kinerja
2.         Instrumen Penilaian dan Pedoman Penskoran
a.    Sikap
§  Spiritual: jurnal (terlampir)
§  Sosial: jurnal (terlampir)
b.    Pengetahuan: tes tertulis (terlampir)
Kisi-kisi        
c.    Keterampilan: tes tertulis (terlampir)
3.         Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.    Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan berdasarkan hasil analisis ulangan harian yang dapat dilakukan secara individual maupun klasikal.
b.    Pembelajaran Pengayaan
Pembelajaran pengayaan dilakukan dengan memperdalam pembahasan materi-materi pembelajaran reguler dengan latihan-latihan soal tentang penggunaan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari
G.    Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media/Alat Pembelajaran
Tayangan infocus
2.    Bahan Pembelajaran
Kertas  lipat, LKS
3.    Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Buku SiswaMatematika Kelas VII SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Buku GuruMatematika Kelas VII SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mengetahui
Kepala SMP ....

…………………………………
NIP………………………………
..............., ………….......…… 2016


………………………………………..
NIP. ………………………………….



Lampiran 1
Soal Tes Pengetahuan

1.      Sebuah kapal selam berada pada kedalaman 50 m di bawah permukaan laut.
       Posisi kapal selam Jika dinyatakan dalam bilangan bulat adalah ….
2.      Di ketahui bilangan A dan B adalah bilangan bulat negatif . 
bilangan A tersusun dari 4 angka sedangkan B tersusun dari 5 angka,  mana
bilangan yang lebih besar ?
3.    Diketahui bilangan P,Q dan R .
P adalah  126abc 
Q adalah 15bcde
R adalah 9abcd
Jika setiap huruf pada bilangan tersebut mewakili suatu angka,
urutkan bilangan tersebut dari yang terbesar ?


 PEDOMAN PENSKORAN SOAL (TERTULIS)


Nomor
Soal
Penyelesaian/Kunci Jawaban
Skor

1
50 meter dibawah permukaan air laut , dapat dinyatakan dalam bilangan bulat yaitu ( -50 )

Skor maksimum
20
2
Jika A  suatu bilangan negative yang terdiri dari 4 angka yaitu (-abcd ) artinya  bilangan  tersebut ribuan kurangnya dari 0
    dan  B suatu bilangan negative yang terdiri dari 5 angka yaitu ( - pqrst ) artinya bilangan  tersebut puluh ribuan kurangnya dari 0 sehingga bilangan A lebih besar dari B

Skor maksimum
35
3
P adalah  126abc berarti ratusan ribu di atas 0
Q adalah 15bcde berarti ratusan ribu di atas 0
R adalah 9abcd berarti puluhan ribu di atas 0
nilai puluh ribuan Q lebih dari nilai puluh ribuan P maka urutan yang benar mulai dari yang terbesar adalah Q, P , R



Skor maksimum
45

Total Skor
100

                                               




Lampiran 2. Contoh Jurnal Perkembangan Sikap

Jurnal Perkembangan Sikap
Nama Sekolah      : SMP ...
Kelas/Semester    : VII/Semester I
Tahun pelajaran   : 2016/2017

No
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Keterangan
1





2





3





...


































Komentar

Postingan Populer