RPP MATEMATIKA K13 HIMPUNAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri ……………….
Mata pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Alokasi Waktu : 8 Pertemuan (20 JP)/20x40
Menit
Materi Pokok :
Himpunan
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1.
Me jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
3.4. Menjelaskan himpunan, himpunan
bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan melakukan
operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual.
4.4. Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan
kosong, komplemen himpunan, dan operasi biner pada himpunan
C. Indikator Pencapaian
Kompetensi*
Indikator KD dari KI3
3.4.1. Menyatakan
masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan
3.4.2. Mendata
anggota himpunan
3.4.3. Membedakan
kumpulan yang himpunan dan bukan himpunan
3.4.4. Menyebutkan
anggota dan bukan anggota himpunan
3.4.5. Menyajikan
himpunan dengan menyebutkan anggotanya
3.4.6. Menyajikan
himpunan dengan menuliskan sifat yang dimilikinya
3.4.7. Menyajikan
himpunan dengan notasi pembentuk himpunan
3.4.8. Menyatakan
himpunan kosong
3.4.9. Menyatakan
himpunan semesta dari suatu himpunan
3.4.10. Membaca
diagram Venn dari suatu himpunan
3.4.11. Menyatakan
kardinalitas dari suatu himpunan
3.4.12. Menyebutkan
himpunan bagian dari suatu himpunan
3.4.13. Menyatakan
himpunan kuasa dari suatu himpunan
3.4.14. Menyatakan
kesamaan dari suatu himpunan
3.4.15. Menyatakan
irisan dari dua himpunan
3.4.16. Menyatakan
gabungan dari dua himpunan
3.4.17. Menyatakan
komplemen dari suatu himpunan
3.4.18. Menyatakan
selisih dari dua himpunan
3.4.19. Menyatakan
sifat-sifat dari operasi himpunan
Indikator KD dari KI4
4.4.1. Menggambar
diagram venn dari suatu himpunan
4.4.2. Menyelesaikan
maslah kontekstual yang berkaitan dengan diagram venn
4.4.3. Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan irisan dua himpunan
4.4.4. Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaiitan dengan gabungan dari dua himpunan
4.4.5. Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan komplemen dari suatu himpunan
4.4.6. Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan selisih dari dua himpunan
4.4.7. Penggunaan
himpunan dalam masalah kontekstual
4.4.8. Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan operasi himpunan
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Materi
Pembelajaran Reguler
·
Konsep Himpunan
·
Penyajian Himpunan
·
Himpunan
semesta dan Himpunan
kosong
·
Diagram Venn
·
Kaardinalitas Himpunan
·
Himpunan Bagian
·
Himpunan Kuasa
·
Kesamaan Dua Himpunan
·
Irisan Himpunan
·
Gabungan Himpunan
·
Komplemen
himpunan
·
Selisih Himpunan
·
Sifat-sifat Operasi Himpunan
2.
Materi
Pembelajaran Pengayaan
Menyelesaikan Masalah Nyata dalam kehidupan
sehari-hari berkaitan dengan Operasi dan Diagram Venn lebih dari dua himpunan
3.
Materi
Pembelajaran Remedial
Materi yang diperkirakan sulit dikuasai sebagian
peserta didik adalah Operasi Himpunan dan Himpunan Bagian.
E.
Tujuan Pembelajaran Pertemuan ke-1
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran melalui model inquiri peserta didik dapat :
a.
Menyatakan masalah sehari-hari dalam
bentuk himpunan
b.
Mendata anggota himpunan
c.
Membedakan kumpulan yang himpunan dan
bukan himpunan
d.
Menyebutkan anggota dan bukan anggota
himpunan
e.
Menyajikan himpunan dengan menuliskan
sifat yang dimilikinya
f.
Menyajikan himpunan dengan notasi
pembentuk himpunan
g.
Menyajikan himpunan dengan menyebutkan
anggotanya
F.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: ( 3 JP) / 3x40
Menit
a. Kegiatan Pendahuluan (10’)
1)
Guru
mengucapkan salam dan memandu peserta didik berdoa, memeriksa kehadiran peserta
didik, dan menyiapkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran,
misalnya memeriksa kelengkapan buku siswa dan alat tulis.
2)
Guru meminta peserta didik menyebutkan nama-nama kota
di Indonesia yang udaranya sejuk.
3)
Guru meminta siswa menyebutkan nama-nama kota di
Indonesia yang tidak menggunakan huruf A dan O.
4)
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai.Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu memahami konsep himpunan dan penyajiannya.
5)
Guru menginformasikan lingkup dan teknik
penilaian yang akan digunakan, yaitu penilaian
sikap melalui observasi.Guru menekankan bahwa sikap-sikap yang dikembangkan dan dinilai, terutama adalah jujur dan
disiplin. Sementara untuk mengukur kompetensi pengetahuan tertulis dan
penugasan, serta kompetensi keterampilan digunakan kinerja meliputi proses dan
produk.
6)
Guru mengelompokkan siswa dalam
beberapa kelompok (masing-masing kelompok 3 – 4 orang)
b. Kegiatan Inti (95’)
1. Orientasi
Peserta didik mengamati tayangan gambar yang berkaitan dengan
keadaan lingkungan sekitar yang telah disiapkan oleh guru yang berkaitan dengan
konsep Himpunan, menjelaskan pentingnya topik dan
kegiatan belajar.
2.
Merumuskan Masalah
Peserta didik merumuskan dan memahami masalah nyata
yang diberikan guru. Bagaimana mengelompokkan nama-nama benda yang telah
disediakan berdasarkan sifat-sifatnya.
3. Merumuskan hipotesis
Peserta didik merumuskan jawaban sementara dengan cara
guru memberikan pertanyaan.
Manakah dari kumpulan benda-benda yang sudah dikelompokkan merupakan
himpunan? Mengapa?
4. Mengumpulkan data
Peserta
didik mencari informasi tentang ciri-ciri himpunan pada buku pegangan siswa
halaman 113 – 114 dengan menjawab pertanyaan dari guru, yaitu:
Bagaimanakah
menentukan suatu kumpulan benda-benda dikatakan himpunan?
5. Menguji
Hipotesis
·
Peserta
didik dengan bimbingan guru mengecek kembali jawaban mengenai kumpulan yang
merupakan himpunan.
·
Peserta
didik dengan bimbingan guru menentukan jawaban yang dianggap diterima sesuai
dengan data dan informasi yang diperoleh berdasarkan pengumpulan data.
6.
Merumuskan kesimpulan
Berdasarkan
hasil pengujian hipotesis peserta didik membuat kesimpulan dengan bimbingan
guru, apa yang dimaksud
dengan himpunan dan bagaimana cara membedakannya.
c.
Kegiatan Penutup (15’)
-
Guru
memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai konsep
himpunan.
-
Guru
bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran.
-
Peserta
didik mencermati tugas yang diberikan guru.
-
Peserta
didik mencermati informasi umum tentang materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya, yaitu: Penyajian himpunan
2.
Pertemuan Kedua:
( 2JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan
b.
Kegiatan Inti **)
c.
Kegiatan Penutup
3.
Pertemuan Ketiga:
( 3JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan
b.
Kegiatan Inti **)
c.
Kegiatan Penutup
4.
Pertemuan Keempat:
( 2JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan
b.
Kegiatan Inti **)
c.
Kegiatan Penutup
5.
Pertemuan Kelima:
( 3JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan
b.
Kegiatan Inti **)
c.
Kegiatan Penutup
6.
Pertemuan Keenam:
( 2JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan
b.
Kegiatan Inti **)
c.
Kegiatan Penutup
7.
Pertemuan Ketujuh:
( 3JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan
b.
Kegiatan Inti **)
c.
Kegiatan Penutup
8.
Pertemuan Kedelapan:
( 2JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan
b.
Kegiatan Inti **)
c.
Kegiatan Penutup
G. Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan
Pengayaan
1.
Teknik
Penilaian
a.
Sikap
§ Spiritual:
observasi
§ Sosial:
observasi
b.
Pengetahuan: tes tertulis dan penugasan
c.
Keterampilan: kinerja
2.
Instrumen
Penilaian dan Pedoman Penskoran
a.
Sikap
§ Spiritual:
jurnal (terlampir)
§ Sosial:
jurnal (terlampir)
b.
Pengetahuan: tes tertulis (terlampir)
Kisi-kisi
No
|
Indikator
|
Nomor butir
|
1
|
Tuliskan
masing-masing 2 contoh kumpulan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang
merupakan himpunan dan bukan himpunan
|
1
|
2
|
Di
antara kumpulan berikut, manakah yang termasuk himpunan dan yang bukan
himpunan, berikan alasan.
a.
Kumpulan buku yang tebal
b.
Kumpulan buku novel
|
2
|
3
|
Nyatakan
pernyataan berikut ini benar atau salah
a) Jeruk
Î himpunan buah-buahan
b)
Kucing ∉
himpunan hewan
|
3
|
4
|
Tuliskan
anggota dari himpunan berikut:
a)
Himpunan warna lampu lalu lintas
b)
Himpunan bilangan asli kurang dari 7
|
4
|
c.
Keterampilan: tes tertulis (terlampir)
Kisi-kisi
No
|
Indikator
|
Nomor Instrumen
|
1
|
Mengelompokkan
nama-nama burung, buah-buahan, dan binatang berkaki empat
|
1
|
2
|
Menuliskan
hasil kerja dan menampilkannya
|
2
|
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan berdasarkan hasil
analisis ulangan harian yang dapat dilakukan secara individual maupun klasikal.
b.
Pembelajaran Pengayaan
Pembelajaran pengayaan
dilakukan dengan Menyelesaikan
Masalah Nyata dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan Operasi dan Diagram
Venn lebih dari dua himpunan.
H. Media/Alat, Bahan, dan
Sumber Belajar
1.
Media/Alat Pembelajaran
Slide
Powerpoint
2.
Bahan Pembelajaran
Kertas
Stick Note
3.
Sumber Belajar
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.
Buku SiswaMatematika Kelas VII SMP/MTs. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.
Buku GuruMatematika Kelas VII SMP/MTs. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Lingkungan sekitar sekolah.
Mengetahui
Kepala SMPN ………………….
…………………………………..
NIP ……………………………..
|
Pontianak,
………………………
Guru
Mata Pelajaran Matematika
………………………………….
NIP.
……………………………
|
Jurnal Perkembangan sikap
Kelas/Semester : VII/Semester I
Tahun
pelajaran : 2016/2017
No
|
Tanggal
|
Nama
Siswa
|
Catatan
Perilaku
|
Butir Sikap
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
Lampiran 2. Instrumen Penilaian Kompetensi
Pengetahuan
Tes Pengetahuan
1. Berdoalah
sebelum dan sesudah mengerjakan soal!
2. Jawablah
soal-soal berikut dengan runtut, cermat, dan lengkap!
![]() |
1. Tuliskan
masing-masing 2 contoh kumpulan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang
merupakan himpunan dan bukan himpunan
2. Di
antara kumpulan berikut, manakah yang termasuk himpunan dan yang bukan
himpunan, berikan alasan.
a.
Kumpulan buku yang tebal
b.
Kumpulan buku novel
3. Nyatakan
pernyataan berikut ini benar atau salah
a)
Jeruk ⊂ himpunan
buah-buahan

b)
Kucing ∉ himpunan hewan
4. Tuliskan
anggota dari himpunan berikut:
a)
Himpunan warna lampu lalu
lintas
b)
Himpunan bilangan asli kurang
dari 7
Pedoman Penskoran
Nomor
Soal
|
Penyelesaian/Kunci
Jawaban
|
Skor
|
Kunci jawaban No 1
|
Contoh Himpunan:
Kumpulan hewan
berkaki empat
Kumpulan siswa kelas
7A yang tingginya lebih dari 150 cm
|
Skor 2
|
Contoh Bukan Himpunan:
Kumpulan hewan
berbulu indah
Kumpulan siswa kelas
7A yang tinggi
|
Skor 2
|
|
Skor
maksimum
|
4
|
|
Kunci jawaban
|
a.
Bukan
Himpunan
Karena
definisi buku tebal tidak jelas, sehingga tidak dapat ditentukan
secara pasti mana anggota dan bukan anggotanya
|
2
|
b.
Himpunan
Karena
definisi buku novel jelas, sehingga dapat ditentukan secara pasti mana
anggota dan bukan anggotanya
|
2
|
|
Skor maksimum
|
4
|
|
3
|
a) Benar
|
1
|
b) Salah
|
1
|
|
Skor
maksimum
|
2
|
|
4
|
a) {merah,
kuning, hijau}
|
1
|
b) {1,
2, 3, 4, 5, 6}
|
1
|
|
Skor
maksimum
|
2
|
NILAI AKHIR = (SKOR YANG DIPEROLEH /
12) x 100
Lampiran 3. Instrumen Penilaian Kompetensi Kentrampilan dan pedoman
penskoran
- Kompetensi Dasar:
4.4. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan,
himpunan bagian, himpunan senesta, himpunan kosong, komplemen himpunan dan
operasi biner pada himpunan .
- Judul Kinerja
: Mengelompokkan benda-benda
- Uraian Tugas :
·
Secara berkelompok siswa mengelompokkan nama-nama
burung, buah-buahan, dan binatang berkaki empat.
·
Mencatat hasil kerja di kertas plano dan tempelkan
E. Rubrik
Penilaian
No
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Skor
|
|||
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Perencanaan
|
Kematangan rencana kegiatan
|
|
|
|
|
2
|
Pelaksanaan
|
|
|
|
|
|
|
a.Sistematika kegiatan
|
Keruntutan pelaksanaan
|
|
|
|
|
|
b. Analisis data
|
Analisis data menjawab permasalahan
|
|
|
|
|
|
c. Penarikan kesimpulan.
|
Kesimpulan berdasarakn perolehan data
|
|
|
|
|
3
|
Pelaporan
|
|
|
|
|
|
|
a. Performan
|
Kelengkapan laporan
|
|
|
|
|
|
b. Penguasaan
|
Penguasaan kegiatan
|
|
|
|
|
Skor
|
|
Ket: 1. Tidak, 2. Kurang, 3. Cukup, 4. Sangat
Nilai =
(Jumlah Skor/24) x 100
Komentar
Posting Komentar