RPP MATEMATIKA K13 PLSV

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                            : SMP Negeri …………………..
Mata pelajaran                  : Matematika
Kelas/Semester                 : VII / 1
Alokasi Waktu                 : 8 Pertemuan (20 JP)/20x40 Menit
Materi Pokok                    ; Persamaan dan Pertidaksamaan linear satu variabel
                                
A.  Kompetensi Inti (KI)
1.         ma yang dianutnya.
2.         aku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  1. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  2. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar
3. KD pada KI-3
3.6  Menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya
4. KD pada KI-4
4.6  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

C. Indikator Pencapaian Kompetensi*)
3. Indikator KD pada KI-3
3.6.1   menjelaskan pengertian kalimat tertutup
3.6.2   menjelaskan pengertian kalimat terbuka
3.6.3   membedakan kalimat tertutup dan kalimat terbuka
3.6.4   membuat contoh persamaan linear satu variabel (PLSV)
3.6.5   menjelaskan persamaan yang ekuivalen
3.6.6   menyelesaikan PLSV menggunakan operasi penjumlahan
3.6.7   menyelesaikan PLSV menggunakan operasi pengurangan
3.6.8   menyelesaikan PLSV menggunakan operrasi perkalian
3.6.9   menyelesaikan PLSV menggunakan operasi pembagian
3.6.10 membuat contoh pertidaksamaan linear satu variabel (PtLSV)
3.6.11 menyelesaikan PtLSV menggunakan operasi penjumlahan
3.6.12 menyelesaikan PtLSV menggunakan operasi pengurangan
3.6.13 menyelesaikan PtLSV menggunakan operasi perkalian .
3.6.14 menyelesaikan PtLSV menggunakan operasi pembagian
4. Indikator KD pada KI-4
4.6.1 membuat model matematika dari suatu soal cerita yang berkaitan dengan PLSV
4.6.2 membuat model matematika dari suatu soal cerita yang berkaitan dengan PtLSV
4.6.3 membuat soal cerita dari suatu PLSV
4.6.4 membuat soal cerita dari suatu PtLSV
4.6.5 menyelesaikan masalah sehari - hari yang berkaitan dengan PLSV
4.6.6 menyelesaikan masalah sehari - hari yang berkaitan dengan PtLSV

D.  Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran melalui model inkuiri peserta didik mampu :
  1. menjelaskan pengertian kalimat tertutup
  2. menjelaskan pengertian kalimat terbuka
  3. membedakan kalimat tertutup dan kalimat terbuka
  4. membuat contoh persamaan linear satu variabel (PLSV)
e.       menjelaskan persamaan yang ekuivalen

E.  Materi Pembelajaran
·      Materi Pembelajaran Reguler
-            Kalimat yang bernilai benar dan kalimat yang bernilai salah.
-            Kalimat terbuka dan kalimat tertutup.
-            Menyelesaikan persamaan  linier satu variabelmenggunakan operasi penjumlahan.
-            Menyelesaikan persamaan linier satu variabel menggunakan  operasi pengurangan
-            Menhyelesaikan persamaan linier satu variabel dengan operasi perkalian.
-            Menyelesaikan persamaan linier satu variabel dengan operasi pembagian
-            Membuat model matematika dari soal cerita yang berkaitan dengan persamaan linier satu variabel.
-            Membuat model matematika dari soal cerita yang berkaitan dengan pertidaksamaan linier satu variable
-            Menyelesaikan pertidaksamaan  linier satu variabel menggunakan operasi penjumlahan.
-            Menyelesaikan pertidaksamaan linier satu variabel menggunakan  operasi pengurangan
-            Menyelesaikan pertidaksamaan linier satu variabel dengan operasi perkalian.
-            Menyelesaikan pertidaksamaan linier satu variabel dengan operasi pembagian
-            Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan persamaan linier satu variabel.
-            Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pertidaksamaan linier satu variabel

·      Materi Pembelajaran Pengayaan
-             Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan persamaan linier satu variabel.
-            Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pertidaksamaan linier satu variabel

·      Materi Pembelajaran Remedial
-            Menyelesaikan pertidaksamaan linier satu variabel dengan operasi perkalian.
-               Menyelesaikan pertidaksamaan linier satu variabel dengan operasi pembagian

E. Kegiatan Pembelajaran

1. Pertemuan Pertama: 120 Menit ( 3 JP)
    a.    Kegiatan Pendahuluan (10’)
    b.    Kegiatan Inti (95’)
 Mengamati
 Menanya
 Mengumpulkan informasi/mencoba
 Menalar/mengasosiasi
 Mengomunikasikan
    c. Kegiatan Penutup (15’)

1. Pertemuan Kedelapan : 80 Menit ( 2 JP)
    a.    Kegiatan Pendahuluan (10’)
1)   Guru memandu peserta didik berdoa, memeriksa kehadiran peserta didik, dan menyiapkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, misalnya memeriksa kelengkapan buku siswa dan alat tulis.
2)   Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari peserta didik sebelumnya, yaitu menyelesaikan pertidaksamaan linier satu variabel , dengan mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan terkait materi tersebut dan menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawabnya.
3)   Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu siswa dapat menerapkan pertidaksamaan linier satu variabel pada bangun datar.
4)   Guru memotivasi peserta didik dengan menunjukkan kebermanfaatan materi, misalnya untuk membuat pagar suatu rumah.
5)   Guru menginformasikan cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan peserta didik, yaitu melakukan kegiatan secara individu dan menyelesaikan masalah (ayo menalar hal. 289) di  buku siswa.
6)   Guru menginformasikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu penilaian sikap melalui observasi. Guru menekankan bahwa sikap-sikap yang dikembangkan dan dinilai, terutama adalah ingin tahu, dan percaya diri. Sementara untuk mengukur kompetensi pengetahuan dan keterampilan digunakan alat peraga model segitiga.

    b.    Kegiatan Inti (60’)
1) Orientasi (mengamati)
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu siswa dapat menerapkan pertidaksamaan linier satu variabel pada bangun datar.
2) Merumuskan masalah
Siswa diberi masalah (buku paket siswa halaman 289 Ayo Kita Bernalar)
3) Merumuskan hipotesis
3 - 5 Siswa diberi kesempatan untuk menjawab permasalahan 4a demikian pula untuk permasalahan 4b .
4) Mengumpulkan data
Dengan Tanya jawab guru mengingatkan kembali konsep keliling.
5) Menguji hipotesis
Dengan tanya membahas kembali jawab siswa (pada langkah 3) untuk menentukan kebenaran jawaban.
Dengan alat peraga guru menunjukkan kebenaran hipotesis.
                6)Merumuskan kesimpulan
Dengan Tanya jawab membahas soal 4c

    c. Kegiatan Penutup (10’)
1)   Guru memfasilitasi siswa membuat kesimpulan mengenai model matematika dari suatu kalimat cerita berhubungan dengan pertidaksamaan linier satu variabel.
2)   Guru memfasilitasi peserta didik untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran serta mengidentifikasi materi yang sudah maupun belum dipahami peserta didik.
3)   Guru memberikan tugas atau pekerjaan rumah (PR), yaitu Ayo Kita Berlatih 4.4 halaman 291 dari buku Siswa no. 7.
4)        Guru menginformasikan kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya, yaitu latihan soal dalam rangka menyiapkan ujian akhir semester.
F.Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
1.         Teknik Penilaian
a.    Sikap
§  Spiritual: observasi
§  Sosial: observasi
b.    Pengetahuan: tes tertulis
c.    Keterampilan: proyek
2.         Instrumen Penilaian dan Pedoman Penskoran
a.    Sikap
§  Spiritual: jurnal (terlampir)
§  Sosial: jurnal (terlampir)
b.    Pengetahuan: tes tertulis (terlampir)
Kisi-kisi
No
Indikator
Nomor butir
1
Menentukan panjang sisi suatu segitiga yang diketahui luas minimalnya
1
c.    Keterampilan: tes tertulis (terlampir)
Kisi-kisi
No
Indikator
Nomor Instrumen
1
Dengan mengadakan observasi siswa menentukan model matematika banyaknya pemakaian listrik jika diketahui besar tagihan.
2
3.         Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.    Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan berdasarkan hasil analisis ulangan harian yang dapat dilakukan secara individual maupun klasikal.
b.    Pembelajaran Pengayaan
Pembelajaran pengayaan dilakukan dengan memperdalam pembahasan materi-materi pembelajaran reguler dengan latihan-latihan soal beragam dan menantang  terutama terkait dengan menyelesaikan pertidaksamaan linier satu variabel dengan operasi hitung perkalian.
F.     Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media/Alat Pembelajaran
Gunting
2.    Bahan Pembelajaran
Kertas 
3.    Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Buku SiswaMatematika Kelas VII SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Buku GuruMatematika Kelas VII SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.





















Lampiran 2. Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan

Tes Pengetahuan
Petunjuk
-          Berdoalah sebelum dan sesudah mengerjakan soal!
-          Jawablah berikut dengan runtut, cermat, dan lengkap !


1.    Pak Toni ingin memasang pagar untuk menutup kebun miliknya yang berbentuk segitiga seperti tanpak paga gambar dibawah ini, luas kebun tersebut tidak kurang dari 60 meter persegi. Nilai c minimal yang mungkin adalah .......
c meter
 
12 meter
 
 









Pedoman Penskoran adalah sebagai berikut
Skor maksimal diperoleh dari: 10
Pemodelan pertidaksamaan linear : 5
Ketepatan dalam perhitungan : 5








Lampiran 3. Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilandan Pedoman Penskoran

Tes Keterampilan
Petunjuk
-          Berdoalah sebelum dan sesudah mengerjakan soal!
-          Jawablah soal-soal berikut dengan runtut, cermat, dan lengkap!

  1. Amati Tagihan Listrik atau telepon rumah atau sekolah kalian. Bila tidak punya, bisa minta tetangga, guru, atau yang lainnya. Cari informasi tentang:
a.       Bergantung pada apakah besar tagihan listrik?
b.      Apakah tagihan tersebut dapat dinyatakan dalam persamaan linier satu variabel?jika bisa nyatakan bentuk persamaan tersebut!
c.       Bagaimana persamaan linier tersebut dapat dipakai untuk menghitung banyak pemakaian apabila diketahui besar tagihan?

Pedoman Penskoran
No.
Aspek
Deskripsi
Skor (1-4)
1.
Perencanaan
a)     Persiapan




b)     Rumusan Judul
1.                   
2.                  1. Rencana kegiatan tidak  matang
3.                  2. Rencana kegiatan kurang matang
4.                  3. Rencana kegiatan cukup  matang
5.                  4. Rencana kegiatan sangat matang
6.                   
1.   Judul tidak sesuai dengan isi
2.   Judul kurang sesuai dengan isi
3.   Judul cukup  sesuai dengan isi
4.   Judul  sangat  sesuai dengan isi

2.
 Pelaksanaan
a) Sistematika Kegiatan




b)   Keakuratan Informasi




c)     Kualitas Sumber Data






d)    Analisis Data





e)     Penarikan kesimpulan

1.   Pelaksanaan kegiatan tidak  runtut
2.   Pelaksanaan kegiatan kurang  runtut
3.   Pelaksanaan kegiatan cukup  runtut
4.   Pelaksanaan kegiatan sangat  runtut

1.   Data informasi tidak sesuai sumber
2.   Data informasi kurang  sesuai sumber
3.   Data informasi cukup  sesuai sumber
4.  Data informasi sangat   sesuai sumber

1.   Sumber data tidak berdasar sumber yang jelas
2.   Sumber data hanya dari satu sumber
3.   Sumber data dari dua sumber
4.   Sumber data dari dua atau lebih sumber

1.    Analisis data tidak menjawabpermasalahan
2.    Analisis data kurang  menjawab permasalahan
3.    Analisis data cukup  menjawab permasalahan
4.    Analisis data sangat  menjawab permasalahan

1. Kesimpulan tidak berdasarkan perolehan data
2. Kesimpulankurang  berdasarkan perolehandata
3. Kesimpulan cukup berdasarkan perolehan data
4. Kesimpulan sangat berdasarkan perolehan data

2.                   
Laporan Projek
a)      Performan




b)      Penguasaan



1.    Laporan tidak lengkap
2.    Laporan kurang lengkap
3.    Laporan cukup  lengkap
4.    Laporan sangat  lengkap

1.    Tidak menguasai kegiatan
2.    Kurang menguasai kegiatan
3.    Cukup menguasai kegiatan
4.    Sangat menguasai kegiatan



Komentar

Postingan Populer